Deretan Keuntungan Berkurban Lewat Dompet Dhuafa Sumsel

Palembang-Umat Islam sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Adha (hari kurban). Berkurban menjadi salah satu ibadah sunnah yang diperintahkan Allah SWT, terlebih bagi mereka yang memiliki rezeki berkecukupan. Berkurban sebagai tanda bersyukur dan berbagi antar umat manusia.

Seiring berjalannya waktu, menjalani ibadah kurban dirasa umat muslim semakin mudah. Itu tak lepas dari bermunculannya program kurban dari berbagai lembaga sosial. Salah satunya adalah Dompet Dhuafa Sumsel yang menawarkan program kemudahan berkurban melalui Tebar Hewan Kurban (THK).

Terus muncul pertanyaan, apa keuntungan yang didapat berkurban melewati lembaga sosial seperti Dompet Dhuafa Sumsel. Dalam hal ini, jurnalis coba merangkum keuntungan dan keistimewaan bagi mereka yang berkurban di Dompet Dhuafa Sumsel.

Pertama, berkurban bisa cukup dari rumah. Seperti diketahui, saat ini tengah pandemi corona, sehingga semua orang diminta untuk meminimalisir aktivitas di luar rumah.

Bagi mereka yang ingin berkurban melalui Dompet Dhuafa Sumsel, cukup lewat http://ddsumsel.org/donasi-kurban, Transfer Bank ke rekening BNI Syariah 9696.933.56 dan Mandiri 113.000.765.3474 a.n. Dompet Dhuafa Republika Konfirmasi dan Informasi dengan nomor 08117811440.

Kedua, orang yang berkurban tidak perlu repot dengan protokol kesehatan yang bakal diterapkan saat penyembelihan hewan kurban, dalam rangka penyebaran virus corona.

Kendati pemerintah telah mulai mensuarakan New Normal, tapi protokol penyebaran corona masih berlaku dan nyaris sama dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Dalam berkurban tahun ini, nantinya juga bakal ada protokol mengatur hal itu.

Tak hanya saat penyembelihan saja, protokol dalam pembagian daging kurban bakal diatur. Dalam hal ini, Dompet Dhuafa Sumsel telah cukup berpengalaman, karena semua protokol pencegahan corona, telah diterapkan saat penyaluran ribuan paket berbuka puasa, takjil, paket pangan, paket sembako, zakat, dan program bantuan lain bagi terdampak corona atau dhuafa beberapa waktu lalu.

Dalam setiap menjalankan penyaluran itu, Tim Medis Klinik Layanan Kesehatan Cuma-cuma selalu mendampingi, sehingga protokol pencegahan corona benar-benar dijalankan.

Ketiga, distribusi hewan kurban hingga pelosok desa di Sumsel, nasional bahkan sampai ke luar negeri seperti Afrika dan Palestina.

Keempat, hewan kurban THK memenuhi standar dan mutu kualitas. Mulai dari kesehatan hewan kurban, seperti tidak cacat dan bobot sesuai ketentuan. Untuk kambing, Dompet Dhuafa Sumsel menawarkan kurban dengan bobot 23-28 kg dan sapi dengan bobot 250-300 kg.

Kelima, dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban, kriteria mutu yang ditetapkan oleh Program THK Dompet Dhuafa adalah cara dan pemotongan yang dilakukan haruslah sesuai syar’i yang ditetapkan dalam Islam.
Pengambilan foto pelaksanaan kurban, serta pelaporan tepat waktu kepada para pekurban yang sudah berkurban melalui Dompet Dhuafa.

Keenam, penerima daging hewan kurban adalah keluarga dhuafa atau masyarakat yang kurang mampu. Pembagian bakal merata, karena Dompet Dhuafa Sumsel yang eksis membantu keluarga dhuafa, telah mempunyai data valid. zal

Posted in Kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *