DD Sumsel & ConocoPhillips, Distribusikan Bantuan Bibit dan Sarana Produksi LBD

Memberikan bibit pada warga.

MUBA-Dompet Dhuafa Sumatera Selatan bersama ConocoPhillips,
untuk kesekian kalinya, kembali meninjau jalannya Program Local Business Development (LBD) hasil kerjasama dengan PT. ConocoPhillips, di Desa Sukamaju Kecamatan Babat Supat, Desa Macang Sakti Kecamatan Sanga Desa dan Desa Lubuk Bintialo Kecamatan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Tim melihat langsung progres budidaya ikan lele, dari kelompok Rawa Makmur Barakoh (RMB) di Rawa, Desa Sukamaju, Kecamatan Babat Supat, dan budidaya ikan patin dari kelompok MBJM di Suban, Desa Macang Sakti dan Lubuk Bintialo.

“Tim LBD, yang terdiri dari DD Sumsel & Concophillips, datang ke lokasi program LBD, selain meninjau juga mendistribusikan bantuan bibit buah-buahan dan sarana produksi untuk warga Desa Macang Sakti, Kecamatan Sanga Desa dan Lubuk Bintialo, Kecamatan Batang Hari Leko. Kami juga memberikan pupuk NPK, dolomit, hormon jimy hantu untuk buah naga,” ungkap Staf Ekonomi DD Sumsel M. Herlambang Triatmodjo.

Program LBD ConocoPhillips 2019, selain fokus pada kelompok budidaya ikan, juga diperuntukkan buat petani buah naga, mangga, jambu kristal, sawo, cabai dan sayur-sayuran.

Untuk tanaman buah naga, biasanya bisa dipanen 1-2 tahun, dengan waktu panen November-April dengan produktivitas minimal 10kg/tiang. Untuk harga buah naga dipasaran berkisar Rp25.000-30.000 rupiah/kg

Beda lagi dengan jambu kristal yang bisa dipanen lebih cepat, yakni 8-12 bulan. Dalam setahun bisa panen sebanyak 3-4 kali dengan produktivitas 2kg/pohon per panen.

“Harga jual jambu kristal kisaran 20-25.000 rupiah/kg,” jelasnya.

Manga harum manis, panennya dengan kisaran 3-5 tahun, dengan produktivitas pohon mangga adalah 70kg/panen.

Masih kata Herlambang, penerima manfaat buah-buahan di Desa Macang Sakti, berjumlah 80 KK dengan pembagian (80 Mangga, 60 Jambu, 60 sawo). Sedangkan setiap ‘dusun’ 20 KK yang menjadi penerima manfaat.

Sementara penerima manfaat bibit buah naga sebanyak 1.260 batang atau 315 tiang, adalah 63 KK.

Sedangkan penerima manfaat buah naga di Desa Lubuk Bintialo berjumlah 20 KK.

“Kami juga memberikan bibit buah mangga, jambu kristal, sawo untuk masyarakat Desa Macang Sakti,” ucapnya.

Tak hanya bibit, DD Sumsel juga menyalurkan pupuk kandang dari ConocoPhillips, untuk kesuburan tanaman dan perawatan pohon buah naga.

“Kami bersama tim ConocoPhillips juga berkesempatan ke kebun buah naga dan kolam MBJM, panen bersama OIM Suban,” ujarnya. zal

Posted in Artikel, Kemanusiaan, Pemberdayaan Pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *