Cerita Unik & Suntikan Semangat Tim Cekal Corona DD Sumsel

Palembang-Tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa Sumatera Selatan belum menurunkan ‘senjatanya’, memerangi virus corona pada tempat-tempat yang dianggap punya potensi penyebaran virus.

Tak kenal menyerah, satu persatu tempat ibadah disambangi Tim Cekal (Cegah Tangkal). Lebih kurang, ada 25 titik lokasi yang terdiri dari masjid, mushola, sekolah, Klinik LKC dan Kantor Layanan Dompet Dhuafa Sumsel yang sudah disterilkan. Tak hanya Palembang, Tim CEKAL juga melakukan penyemprotan disinfektan di Prabumulih dan Lubuklinggau.

Aksi ini tentunya tidak mudah dan sangat menguras tenaga. Tim bekerja dengan ikhlas dan gagah berani. Dengan sebuah keyakinan membantu sesama adalah bentuk ibadah.

Selama aksi penyemprotan disinfektan di masjid dan Mushola, Tim DMC Dompet Dhuafa Sumsel tidak sendiri. Masyarakat Sumsel punya cara sendiri untuk membantu Tim Cekal Corona Dompet Dhuafa Sumsel.

“Hari pertama aksi Cekal Virus Corona di Mushola Transmart Carrefour, tim naik Gocar menuju lokasi. Saat tim tiba di lokasi, driver menolak dibayar. Beberapa kali kami coba membayarnya tetap tidak mau menerima. Kata driver, hanya itu yang bisa ia bantu, semoga bisa membantu aksi itu dan Sumsel, khususnya Palembang, bisa bebas dari corona,” ucap Staf Divisi Sosial dan Dakwah DD Sumsel Ahabba Tholibin, Rabu (25/3/2020).

Beda lagi aksi di Masjid Taqwa, saat tim Cekal tiba, semua sudah dibersihkan dan tinggal disemprotkan disinfektan saja.

Jelas terlihat antusias pengurus masjid, dengan aksi penyemprotan disinfektan yang dilakukan DMC Dompet Dhuafa Sumsel ini.

Kejadian unik lainnya, mendengar cerita pengurus Masjid Tarbiyah Islamiyah Jakabaring, yang sudah lama berharap masjidnya di semprot disinfektan.

Mereka sempat meminta bantuan kepada pihak tertentu untuk aksi serupa. Tapi, ada biaya yang cukup besar dan tidak sangup di bayar masjid.

Oleh karena itulah, penyemprotan disinfektan itu belum dilakukan di Masjid yang berada di Jalan Pipa Raya, Kecamatan Plaju, Palembang.

“Makanya kami sangat senang, karena masjid kami sudah disemprot disinfektan,” ujar, pengurus masjid, Reza.

Apalagi, penyemprotan disinfektan ini tidak dipungut biaya sedikit pun. Pengurus masjid mendoakan semoga aksi ini jadi ladang ibadah bagi tim DMC Dompet Dhuafa Sumsel. zal

Posted in Kemanusiaan, Kesehatan, Volunteer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *