Cerita Iqbal, Dari Anak Binaan YAKIN Hingga Jadi Mentor

Muhammad Iqbal Pratama bersama anak YAKIN Dompet Dhuafa Sumsel

Palembang – Muhammad Iqbal Pratama, dikenal sebagai salah satu mentor atau ‘kakak’ asuh di Yatim Kreatif Indonesia (YAKIN) Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan (Sumsel).

Pria yang kerap disapa Iqbal ini, menjadi Mentor di YAKIN Dompet Dhuafa Sumsel pada pertengahan tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Dilihat dari waktu pengabdian, dia memang terbilang masih baru. Kontribusi mungkin masih belum sebanding dengan mentor-mentor lainnya.

Tapi, ia punya perjalanan yang panjang bersama YAKIN. Itu karena Iqbal ternyata adalah anak binaan dari YAKIN Dompet Dhuafa Sumsel itu sendiri.

“Saya mulai masuk YAKIN pada tahun 2012, tepat saat baru berdiri. Waktu itu umur saya masih 11 tahun tepatnya masih duduk di Sekolah Dasar kelas VI,” ungkap Mentor spesialis pembentukan karakter anak ini.

Iqbal bisa disebut sebagai angkatan pertama dari YAKIN Dompet Dhuafa Sumsel. Pria yang kini berusia 18 tahun ini mengaku, jika banyak hal yang ia peroleh saat jadi binaan YAKIN.

Ia menjadi pribadi yang jauh lebih percaya diri, berani, punya wawasan  dan menjadi insan yang berakhlak.

Tumbuh, besar dan berkembang di YAKIN Dompet Dhuafa Sumsel membuatnya mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan program pembinaan berbasis pendidikan SD sampai SMP bagi anak-anak yatim dan dhuafa ini.

Oleh sebab itulah, ia tidak pikir panjang saat diminta menjadi Mentor di YAKIN. Ia justru merasa senang karena diberikan kesempatan untuk tetap dapat berada diantara keluarga besarnya. Anak yatim dan dhuafa ini, diakuinya telah menjadi bagian dari hidupnya.

“Bagi saya, semua yang ada di YAKIN, adalah saudara. Telah seharusnya sebagai saudara lebih tua, berbagi ilmu kepada adiknya. Saya berharap adik-adik YAKIN bisa menjadi generasi yang berguna bagi dirinya, keluarga dan orang lain,” ucap pria yang kesehariannya juga bekerja di salah satu CV Konsultan di Bidang Konstruksi Pembangunan ini. zal

Posted in Anak Yatim, Pendidikan, Yatim Kreatif Indonesia and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *