Bersama Dompet Dhuafa Sumsel, Desa Sukabumi Siap Berkomitmen Kawasan Tanpa Rokok

 

13 September 2021, Desa Sukabumi, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur –

Dilaksanakan sosialisasi sekaligus penandatanganan komitmen kawasan tanpa rokok

Salah satu langkah pengimplementasian kawasan sehat yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Sumatera Selatan melalui kerjasama dengan pihak puskesmas Cempaka dan perangkat Desa Sukabumi, Kec. Cempaka, Kab. Oku Timur, yakni dengan adanya pembentukan Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Dimulai dengan adanya sosialisasi terlebih dahulu berkaitan dengan pembentukan Kawasan Tanpa Rokok ini, dilanjutkan kegiatan penyuluhan dan terakhir dibentuklah satuan tugas pengawas (satgas) dan penegak KTR.

Di akhir kegiatan diadakan penandatanganan komitmen bersama demi menyukseskan tercapainya Kawasan Tanpa Rokok di Desa Sukabumi. Penandatanganan komitmen ditandatangani langsung oleh Kepala Desa Sukabumi dan jajaran Perangkat Desa, Sekretaris Camat Kecamatan Cempaka, Kepala Puskesmas Cempaka dan perwakilan dokter di Desa Sukabumi.

Penandatanganan komitmen KTR ini menjadi langkah awal tercapainya Kawasan Tanpa Rokok di Desa Sukabumi. Selanjutnya, tim sosialisasi dan satgas akan mensosialisasikan kepada warga setempat, sekolah-sekolah, dan tempat lainnya, serta penempelan media komunikasi KTR seperti spanduk, poster edukasi Kawasan Tanpa Rokok dan poster larangan merokok.

“Ke depannya penerapan KTR akan terus dilakukan secara konsisten agar dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat terutama dapat terkendalinya faktor risiko penyakit dan kematian yang disebabkan oleh rokok., ungkap drg. Miko, perwakilan tim Kesehatan Dompet Dhuafa Sumsel.

drg. Miko juga menambahkan, Kawasan Tanpa Rokok ini ke depannya dapat meningkatkan juga budaya masyarakat dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

 

 

Posted in Artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *