Berkurban Ditengah Pandemi Corona, Lebih Mudah di Dompet Dhuafa Sumsel 

Palembang-Lebaran Idul Adha atau Lebaran Haji, bakal jatuh pada 30 Juli nanti. Meski, jamaah Haji batal berangkat ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam ke-5, berkurban tetap bisa dilakukan meski dalam pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Tapi, tentunya bakal berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada protokol kesehatan yang wajib dipenuhi saat pemotongan hewan kurban ataupun penyaluran.

Untuk membantu dan memudahkan mereka yang ingin berkurban, Lembaga filantropi Dompet Dhuafa kembali akan menggulirkan program Tebar Hewan Kurban (THK) dengan cara yang jauh lebih mudah. Masyarakat bisa berkurban secara digital.

“Insyaallah dengan digital dapat dilakukan dari rumah dan di mana saja, dan bisa berbagi dalam berkurban dari rumah,” ujar Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan.

Pada tahun ini, ditargetkan 30 ribu ekor domba atau kambing dan 1.000 ekor sapi dari para pekurban yang disalurkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Bahkan, penyaluran hewan kurban juga akan menjangkau negara-negara lain, seperti kawasan Afrika dan Palestina.

“Dengan melibatkan 15 kelompok ternak target 30 ribu ekor domba atau kambing, 1.000 ekor sapi, insyaallah kesejahteraan peternak terangkat, dalam proses kegiatan peternakan yang dilakukan THK DD kami pastikan keuntungan terbesar ada di peternak dengan harga yang kompetitif,” jelas dia.

Untuk Sumatera Selatan sendiri, Dompet Dhuafa Sumsel memberikan flash sale khusus untuk hewan kurban, 1/7 sapi distribusi nasional dengan harga Rp1.450.000, dari 3-15 Juni. Sementara untuk kambing standar distribusi nasional dengan bobot 23-28 kg, Rp1.890.000. Serta ada sapi distribusi nasional dengan bobot 250-300kg, Rp 12.950.000.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Dompet Dhuafa Sumsel punya Program Tebar Hewan Kurban (THK),” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik, Lc.

Hewan kurban ini bakal didistribusikan secara nasional dan di dalam Sumatera Selatan sendiri. Selain dari itu, Dompet Dhuafa Sumsel saat ini juga tengah menerjunkan tim lapangan, untuk kurban lokal.

 

Masih kata Ustadz Kusworo, sejak 1994, Dompet Dhuafa telah terpercaya menyalurkan Tebar Hewan Kurban. Kepercayaan itu, karena Dompet Dhuafa Sumsel melakukan secara akuntabilitas dan menyalurkan kepada dhuafa, bahkan sampai ke pelosok desa yang sulit dijangkau sekalipun.

Di tengah pandemi corona ini, dikhawatirkan banyak yang tidak bisa merasakan betapa bahagianya mendapatkan daging kurban.

“Dengan menyalurkan kelembaga, distribusi daging kurban akan disalurka justru akan lebih merata,” jelasnya.

Bagi mereka yang ingin berkurban melalui Dompet Dhuafa Sumsel, bisa melalui http://ddsumsel.org/donasi-kurban,
Transfer Bank ke rekening BNI Syariah 9696.933.56 dan
Mandiri 113.000.765.3474
a.n. Dompet Dhuafa Republika
Konfirmasi dan Informasi dengan nomor 08117811440. zal

Posted in Kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *