Banjir Bandang Menerjang 4 Kecamatan di Lahat

Lahat-Banjir bandang melanda empat kecamatan di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Kamis (9/1/2020) pagi.
Keempat kecamatan itu adalah Pulau Pinang, Pseksu, Kikim Timur dan Gumai Talang. Akibat terjangan banjir ini, rumah warga rusak parah dan beberapa warga juga sempat terbawa arus.
“Untuk jumlah desa yang terendam dan berapa rumah yang rusak akibat terjangan banjir, masih didata,” ungkap Kabid Penangulangan Kedaruratan Bencana BPBD Sumsel, Ansori, Kamis (9/1/2020).
Sejauh ini, belum ada laporan korban jiwa akibat banjir bandang di Kabupaten Lahat. Saat kejadian, warga terbilang cukup sigap menyelamatkan diri. Meski ada beberapa warga yang sempat terbawa arus, tapi mereka berhasil menyelamatkan diri dengan memanfaatkan pepohonan yang ada.
Di tempat berbeda, Kepala BPBD Lahat, Marjono menyampaikan, jika ketinggian air yang merendam rumah penduduk lebih kurang 2 meter.
“Sampai Kamis siang, terdata ada 78 rumah terendam banjir. Ada 10 rumah yang hanyut di Gunung Kembang, Kikim Timur,” ucapnya.
Sejak kejadian, tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Polri, TNI dan Basarnas, telah bekerja membantu evakuasi warga.
“Daerah Kikim dan Gumay Talang masih terendam. Belum bisa dilintasi, saat ini macet total,” ujarnya.
Untuk diketahui, hujan teras terjadi sejak pukul 23.30, Rabu (8/1/2020). Curah hujan yang tinggi sampai Kamis pagi, membuat sungai Lematang meluap, sehingga puluhan rumah terendam air. zal

Posted in Korban Banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *