25 Tahun Dompet Dhuafa: Program Kesehatan DD, Jangkau Anak hingga Lansia

promkes DD Sumsel

Aktivitas mencuci tangan seringkali dipandang remeh oleh sebagian orang. Lebih lagi jika harus mencuci tangan menggunakan sabun. Terasa merepotkan. Namun siapa sangka, dari kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dapat menekan angka kematian, terutama di kalangan balita dan anak-anak.

Data dari UNICEF menunjukkan bahwa penyadaran akan pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun ini, membantu menurunkan angka kematian balita dan anak-anak sedunia hingga 50%. Di mana, data semula sebelum kampanye gerakan cuci tangan ini dimulai, ada sekitar 5.000 kasus kematian anak akibat penyakit diare di seluruh dunia.

Salah satu Program Dompet Dhuafa (DD) Sumatera Selatan di bidang kesehatan ialah Anak Indonesia Sehat (AIS). Program unggulan yang menyasar anak-anak usia SD, guna mendapatkan pembinaan di bidang kesehatan, utamanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Program AIS tersebut masuk melalui edukasi kepada sekolah-sekolah binaan, hingga saat ini ada sembilan sekolah yang sudah masuk dalam binaan DD Sumsel, diantaranya adalah  MI Muhajirin, MI Ma’had Islamy, MI Ikhlasiyah, MI Darussalam, SD Muhammadiyah 15, SD Negeri 69, MI Azizan, MI Mujahidin dan MI Qur’aniah VII.

Program AIS sendiri merupakan turunan dari Program Promosi Kesehatan LKC DD Sumsel. Kegiatan ini merupakan salah satu usaha promosi kesehatan (Promkes) di lingkungan sekokah. Sehingga diharapkan, dapat memaksimalkan para dokter kecil tersebut untuk menjadi kader kesehatan di sekolahnya,  untuk menularkan informasi kesehatan kepada warga sekolah, terutama teman-temannya. Program AIS sendiri memiliki kegiatan terjadwal untuk melakukan edukasi secara rutin dua kali per bulan di masing-masing sekolah binaan.

Masih banyak lagi program kesehatan DD Sumsel yang diantaranya: Aksi Layanan Sehat (ALS) ke kantong-kantong mustahik, Khitanan Massal (KhitMas),  pembiayaan pasien berobat rujukan ke rumah sakit, penyuluhan kesehatan, medical check up, Bina Rohani Pasien (BRP), pelayanan ambulance dan mobil jenazah hingga senam hamil, kelas menyusui, senam lansia, senam jantung sehat, senam asma, dan senam diabetes militus, dan masih banyak lagi lainnya.

25 tahun Dompet Dhuafa mengabdi untuk negeri, banyak sudah program yang dilaksanakan demi menebar kebermanfaatan seluas-luasnya keseluruh penjuru negeri. Dan kesehatan adalah salah satu program yang tidak bisa dipisahkan dari Dompet Dhuafa.  Mohon support dan doa agar kami bisa selalu konsisten dan amanah dalam menjalankan tugas dan kepercayaan yang telah bapak ibu berikan kepada kami. Mari bersama Dompet Dhuafa membentang kebaikan seluas-luasnya.

 

 

Silahkan dibagikan...Share on Google+Share on FacebookTweet about this on TwitterEmail this to someoneShare on LinkedInPrint this page
Posted in Kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *